Analisis Perbandingan Produktivitas Tenaga Kerja Lokal Dengan Tenaga Kerja yang Didatangkan Dari Luar Kota Jambi

Elvira handayani, Kiki Rizky Amalia, Suryani Suryani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbandingan produktivitas tenaga kerja lokal dengan tenaga kerja yang didatangkan dari luar kota Jambi, pada proyek pekerjaan pemasangan bata. Produktivitas tenaga kerja adalah salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah proyek pembangunan. Mengukur tingkat pengukuran produktivitas terdapat banyak metode yang bisa digunakan, salah satunya Productivity Rating, dimana aktivitas pekerja diklasifikasikan dalam 3 hal, yaitu Essential Contributory Work, Effective Work, dan Ineffective Work. Besarnya tingkat produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, asal tempat tinggal, usia, pengalaman kerja, tingkat pendidikan, keterampilan kerja, upah, kesehatan kerja, hubungan antar pekerja, manajemen lapangan, dan iklim kerja. Penelitian ini dilakukan di proyek pembangunan gedung Dekranasda dan pembangunan gedung rawat inap RSUD H.Abdul Manap. Penelitian dilakukan dengan cara mengamati tingkat produktivitas 8 tenaga kerja dan disertai pengisian kuesioner. Pengamatan dilakukan selama 2 hari. Dari hasil pengumpulan data, baik data produktivitas dan kuesioner dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan komputer program Ms. Excel.


Keywords


Analisis Perbandingan Produktivitas, Tenaga Kerja, Pemasangan Bata

Full Text:

PDF

References


Dipohusodo, Istimawan. 1995. Manajemen Proyek & Konstruksi. Yogyakarta: Badan Penerbit Kanisius.

Ervianto, Wulfram, 1. 1990. Pengukuran Produktivitas Kelompok Pekerja Bangunan Dalam Proyek Konstruksi, Studi Kasus Proyek Gedung Bertingkat Di Surakarta. Program Pascasarjana, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Ervianto, Wulfram, I. 2004. Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta : Andi.

Hadari, Nawawi. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : UGM Press.

Mandani, Toma. 2010. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Pasangan Bata. Program Pascasarjana, Universitas Sebeleas Maret Surakarta.

Murodif, Atfal. 2006. Pengukuran Produktivitas Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pembangunan Gedung Menara Sentraya Jakarta. Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Oglesby. Dkk. 1989. Productivity Improvement in construction. McGraw-Hill Book Company : New York

Rebut, Richardson. 2008. Analisis Perbandingan Tenaga Kerja Lokal Dan Tenaga Kerja Luar Dalam Jasa Konstruksi Di Manado, Studi Kasus TRANSMART. Program Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Siagian, Sondang, P. 2002. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara.

Sinungan, Muchdarsyah. 1992. Delapan Program Pemacu P.A.N. Jakarta : Mitra Handayani.

Sinungan, Muchdarsyah. 2002. Produktivitas Apa Dan bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara.

Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Erlangga.

Sudjana, H. 2001. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Hubungannya Dengan Rata-rata Ukuran Keluarga dan Tingkat Pengangguran (Studi Di Wilayah Jakarta). Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang RI Nomor 28 tahun 2002. Tentang Bangunan Gedung. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/talentasipil.v4i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Talenta Sipil, Faculty of Engineering, Batanghari University
Adress: Fakultas Teknik, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: talentasipil.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.