Pengaruh Ketidaksesuaian Hubungan Balok Kolom pada Perencanaan Dengan Pelaksanaan di Lapangan The Effect of Incompatibility of Beam Placement at Colums-End on Design and Application In The Field

Mellisa Indriyani, Suhendra Suhendra, M Nuklirullah

Abstract


Balok dan kolom dalam perencanaan struktur bangunan gedung bertingkat biasanya digambarkan dengan garis yang memiliki dimensi dan sifat material. Pertemuan balok dan kolom berupa titik yang secara tidak langsung meenggambarkan bahwa pertemuan balok-kolom adalah tepat di sumbu kedua elemen tersebut. Namun pada gambar rencana balok yang dibuat tidak semuanya melalui sumbu kolom. Sehingga terjadi perbedaan besar dan jenis beban dari balok ke kolom. Penelitian ini mengkaji tentang gaya dalam yang timbul akibat ketidaksesuaian desain dengan pelaksanaan lapangan terkait penempatan balok yang tidak tepat di sumbu kolom pada gedung bertingkat. Pertama, gaya dalam dihitung berdasarkan pemodelan pertemuan balok dan kolom adalah tepat di satu titik. Selanjutnya, reaksi tumpuan pada balok yang tidak menumpu pada sumbu kolom dijadikan sebagai momen tambahan pada kolom terkait. Kemudian dilakukan analisis mekanika sekali lagi untuk mendapatkan gaya dalam akibat adanya ketidaktepatan sumbu balok pada sumbu kolom. Gedung yang ditinjau dalam penelitian ini adalah bangunan Rumah Sakit di Kota Jambi, bertingkat lima. Pembebanan dan kriteria analisis menggunakan peraturan yang berlaku di Indonesia. Alat bantu untuk perhitungan gaya dalam menggunakan software SAP2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan gaya dalam yang terjadi pada kolom yang memikul balok tidak tepat di sumbunya. Pada kolom bangunan yang ditinjau, gaya dalam mengalami perubahan maksimum menjadi 102,90% dari gaya dalam tanpa ketidaksesuaian penempatan balok dan minimum menjadi 94,54%.


Keywords


hubungan balok kolom, momen tambahan, kapasitas kolom

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional, 2013. Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan dan Struktur lain (SNI-1727-2013), Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2013. Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung (SNI-2847-2013), Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2012. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI-1726-2012), Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2017. Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung (Permen PUPR No.14 Tahun 2017), Jakarta.

Edward G Nawy, 1998. BETON BERTULANG: Suatu Pendekatan Dasar, PT.Refika Aditama. Bandung

Rachmat Purwono, 2005. Perencanaan Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa, ITS Press. Surabaya

Ali Asroni, 2010. Balok dan Pelat Beton Bertulang, Graha Ilmu. Yogyakarta

Ali Asroni, 2010. Kolom, Fondasi dan Balok “T” Beton Bertulang, Graha Ilmu. Yogyakarta

Dian Ariestadi, 2008. Teknik Struktur Bangunan Jilid 3, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta

Eddy Ristanto, Suyadi, Laksmi Irianti, 2015. Analisis Joint Balok Kolom dengan Metode SNI 2847:2013 dan ACI 352R-2002 pada Hotel Serela Lampung, Universitas Lampung. Lampung

Jati Sunaryati, Ruddy Kurniawan, Eko Sukma Putra, 2009. Pengaruh Eksentrisitas Pusat Massa Bangunan Beton Bertulang Terhadap Stabilitas Struktur yang Mengalami Beban Gempa, Universitas Andalas. Sumatera Barat

Heinz Frick, 1979. Mekanika Teknik 1 Statika dan Kegunaannya, Kanisius. Yogyakarta.

Erny Harianti, Anugrah Pamungkas. 2018. Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa. Andi Offset. Yogyakarta.

SAP 2000, 1995. Introductory Tutorial for SAP 2000, SAP 2000. California.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/talentasipil.v4i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Talenta Sipil, Faculty of Engineering, Batanghari University
Adress: Fakultas Teknik, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: talentasipil.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.