Analisa Produktivitas Tenaga Kerja terhadap Pekerjaan Kolom Dan Balok Beton Bertulang

Nike Norjana, Ria Zulfiati

Abstract


Sumber daya termasuk faktor penentu dalam keberhasilan proyek konstruksi. Sumber daya yang berpengaruh seperti Man, Materials, Machine,Money, dan Method. Keberhasilan proyek konstruksi keseluruhan tergantung dari keberhasilan setiap pekerjaan dalam proyek tersebut, sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah produktivitas tenaga kerja. Faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas dalam proyek konstruksi dimana salah satunya faktor tenaga kerja yang berkaitan langsung dalam pembangunan konstruksi di lapangan. Secara umum keterlambatan proyek sering terjadi karena adanya penggunaan tenaga kerja yang kurang efektif,  seperti mengobrol, menganggur, makan, minum dan merokok diluar jam istirahat. Adapula faktor yang mempengaruhi produktivitas seperti umur, pengalaman, pendidikan, upah, pekerja dan hubungan kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan studi work sampling. Jenis pekerjaan yang diamati adalah pekerjaan pembesian, dan bekisting. Pekerjaan ini digolongkan menjadi tiga kegiatan yaitu : effective, contributory ,dan ineffective. Pada penelitian ini, pengamatan dilakukan pada jam normal yang dibagi menjadi 2 periode yaitu pagi (08.00-12.00 wib) dan siang (14.00-17.00 wib).  Pengamatan dilaksanakan pada proyek pembangunan rehab gedung Kejaksaan Tinggi Jambi. Dari data pengamatan di lapangan dan analisa perhitungan maka diperoleh  hasil analisa produktivitas work sampling pagi hari menunjukan bahwa nilai LUR pada pekerjaan pembesian dan bekisting kolom berdasarkan jam kerja adalah sebesar 70,05%, untuk siang hari pekerjaan pembesian dan bekisting kolom didapat sebesar 78,24% sedangkan untuk pekerjaan pembesian dan bekisting dipagi hari  pada pekerjaan balok didapat sebesar 86,98% dan untuk pekerjaan di siang hari didapat sebesar 79,19%.


Keywords


Produktivitas, Labor Utilization Rate (LUR), Work Sampling

Full Text:

PDF

References


Kresna, Firman. 2016. Produktivitas Pekerja Bekisting dan Pembesian dengan Menggunakan Metode Work Sampling Pada Proyek Gedung.

Muchdarsyah Sinungan. 1992. Produktivitas,Apa dan Bagaimana. Bumi Aksara.Jakarta

Oglesby. Dkk.1989. Productivity Improvement in construction. McGraw-Hill Book Company : New York

Soeharto Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional jilid 1. Jakarta : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/talentasipil.v3i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Talenta Sipil, Faculty of Engineering, Batanghari University
Adress: Fakultas Teknik, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: talentasipil.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.