Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Kendaraan Pada Hotel Swiss-Bell di Kota Jambi

Rizky Ananda T, Fahrul Rozi Yamali, Kiki Rizky Amalia

Abstract


Pada umumnya fasilitas kebutuhan masyarakat memerlukan sarana tempat parkir yang nyaman dan efisien, salah satunya pada Hotel Swiss-Bell di Kota Jambi. Kebutuhan parkir yang tidak terpenuhi, dapat menimbulkan masalah lalulintas karena pengguna badan jalan untuk lahan parkir (on street parking) sehingga menyebabkan kemacetan karena penggunaan kapasitas jalan dan terganggunya fungsi jalan. Metode survei yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan melakukan survei langsung ke lapangan yaitu dangan cara mencatat nomor kendaraan yang masuk dan keluar beserta waktu masuk dan keluar kendaraan dari tempat parkir. Pencatatan nomor kendaran yang masuk dan keluar dapat dilakukan di daerah pintu masuk dan keluar fasilitas parkir, yang dapat dilakukan pengelompokan tiap 10 menit atau pencatatan langsung waktu masuk dan keluar kendaraan. Dari data kendaraan dilakukan analisa untuk mendapatkan akumulasi parkir, durasi parkir, kapasitas parkir dan indeks parkir. Berdasarkan perhitungan kebutuhan ruang parkir di Hotel Swiss-Bell untuk kendaraan roda dua jumlah ruang parkir yang disediakan 150 ruang parkir dengan luas ruang parkir 225 m2 mampu melayani kapasitas parkir sebesar 195 kendaraan/hari dan untuk kendaraan roda empat jumlah ruang parkir yang  di sediakan 80 ruang parkir dengan luas 1000 M2 mampu melayani kapasitas parkir sebesar 118 kendaraan/hari. Ini menunjukan kapasitas parkir untuk kendaraan roda empat harus ada penambahan lahan parkir sebesar 275 M2 agar mampu menampung kendaraan yang parkir sebesar 118 kendaraan.


Keywords


Parkir, Hotel Swiss-Bell, Jambi

Full Text:

PDF

References


Abubakar dkk, 1998, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Edisi I, Direktorat Bina Sistim Lalulintas dan Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

A.A. Jaya Wikrama, 2010, Analisa Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Di Pasar Kreneng, Universitas Udayana, Denpasar.

Ahmad Munawar, 2004, Manajemen Lalulintas Perkotaan. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dewi Sakti, 2011, Analisa Kapasitas Ruang Parkir Mobil Penumpang Off Streetfik dan FT, Universitas Negeri I Semarang.

Direktur Jendral Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Ditetapkan, Jakarta, Tagal 8 April 1996.

Fauziah Sayarifuddin, 2017, Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumahsakit Bhayangkara, Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.

Farisa Rehman, 2011, Analisa Kapasitas Ruang Parkir Sepeda Motor Kawasan FIP,FIS,FE, DAN FH, Universitas Negri Semarang.

I.N Karunia Putra, 2007, Kebutuhan Raung Parkir Kendraan Pengunjung, Universitas Batang Hari Jambi (Tugas Akhir tidak dipublikasikan),Jambi.

Lindawati MZ, 2012, Analisa Kebutuhan Dan Penataan Ruang Parkir, Universitas Baturaja.

Sri Perwani, 2017, Pengertian Perhotelan Secara Umum, Universitas Facilty Of Econimi And Cominication.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/talentasipil.v3i2.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Talenta Sipil, Faculty of Engineering, Batanghari University
Adress: Fakultas Teknik, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: talentasipil.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.