Pengaruh Halte Bus Trans Semarang terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Jalan 2/2 TT (Studi Kasus: Jalan Dokter Wahidin)

Ari Setiawan

Abstract


Bus Trans Semarang merupakan salah satu moda transportasi umum yang diterapkan di Kota Semarang dan diharapkan mampu mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Pengoperasian Bus Trans Semarang masih menimbulkan beberapa kendala yaitu Halte Bus Trans Semarang tidak dilengkapi teluk bus.   Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keberadaan Halte Bus Trans Semarang terhadap kinerja lalu lintas. Metode analisis pengaruh kinerja lalu lintas yang digunakan adalah membandingkan kecepatan, kepadatan, derajat kejenuhan pada lokasi ada halte dengan tanpa halte. Hasil perhitungan pada lokasi dimana ada halte saat Bus Trans Semarang berhenti (v = 48.353 km/jam, k = 6.669 smp/km dan Dj = 0.913), ada halte saat Bus Trans Semarang tidak berhenti (v = 50.617 km/jam, k = 5.575 smp/km dan Dj = 0.668) dan tanpa halte (v = 51.555 km/jam, k = 4.117 smp/km dan Dj = 0.543). Kesimpulan yang diperoleh, keberadaan Halte Bus Trans Semarang dapat menurunkan kinerja lalu lintas diperburuk pada saat Bus Trans Semarang berhenti di halte

Keywords


Bus Trans Semarang, Kinerja Lalu Lintas, Ekivalen Mobil Penumpang, Halte Bus Trans Semarang, Teluk Bus

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Semarang (2016), Kota Semarang Dalam Angka 2016, Semarang.

https://www.google.co.id/maps/place/Semarang,+Kota+Semarang,+Jawa+Tengah/@7.010693,110.4023231,14z/data=!4m5!3m4!1s0x2e708b4d3f0d024d:0x1e0432b9da5cb9f2!8m2!3d-7.0051453!4d110.4381254

Kementrian Pekerjaan Umum (2014), Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), Jakarta.

Khisty, C., Jotin, K. dan Lall, B. Kent (2003), Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Koeswandono, Windarto (2007). “Pengaruh Kenderaan Tidak Bermotor Pada Jalan 2 Jalur 2 Arah Tanpa Median (Studi Kasus Jalan Parangtritis Kota Yogyakarta),” Magister Tesis. Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang, 74 p.

Siregar, Syofian (2015), Statistik Parameterik untuk Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/talentasipil.v3i2.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Talenta Sipil, Faculty of Engineering, Batanghari University
Adress: Fakultas Teknik, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: talentasipil.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.